7 Akibat Salah Melakukan Diet

Diposting oleh Unknown on Minggu, 23 Desember 2012



Melakukan diet merupakan hal yang harus dilakukan bagi siapa saja yang meninginkan badan langsing namun jika sampai salah melakukan diet maka akan timbul bebagai maslah yang pastinya menggangu kesehatan. Nah berikut ini ada beberapa akibat jika salah melakukan diet ingin tahu akibat apa aja itu simak 5 Akibat Salah Melakukan Diet berikut ini.

Pusing dan bau nafas tak sedap

Sumber karbohidrat seperti roti, pasta, nasi dan kentangadalah sumber serat dan antioksidan seperti vitamin E dan selenium yang berfungsi untuk melawan penyakit.

Jika Anda menerapkandiet rendah karbohidrat yang terlalu ketat, bisa mengakibatkan penyakit ketosis, yaitu gangguan kesehatan karenaotak tidak mendapatkan pemenuhan kebutuhan glukosanya.

Nah, yang terjadi selanjutnya adalah lemak pada tubuh Anda tidak dapat terbakar secara sempurna. Semakin lama Anda akan merasakan gejala sering mual, pusing dan gangguan pencernaan yang berujung pada mengalamihalitosis (napas tak sedap).

Lesu dan tak bergairah

Walau banyak orang mengaku badannya terasa lebih sehat karena menjadi vegetarian, tapi ternyata pola makanini dapat menyebabkan tubuh kekurangan zat besi, vitamin B12 dan omega 3.

Tak hanya itu, menjadi vegetarian bisa menyebabkan seseorang kekurangan beberapa unsur gizi yang tidak bisa digantikan oleh makanan lain. Misalnya lemak esensial atau protein hewani.

Selanjutnya akan timbul keluhan seperti mudah capek, selalu lesu dan tak bergairah, bahkan sering mengalami nyeri sendi.

Sering buang air kecil dan air besar

Produk teh, jamu pelangsing dan ramuan alami lainnya kerap mengklaim berkandungan bahan alami/herbal yang aman untuk dikonsumsi.

Padahal sebenarnya, efektifitas maupun efek sampingnya belum pernah diteliti. Sifatnya yang diuretik, cenderung menyebabkanAnda jadi sering berkemih. Dengan begitu, kononlemak dalam tubuhpun ikut terbuang dan berat badanturun.

Sebenarnya saat sering berkemih, beberapa zat mineral penting ikut terbuang. Tak hanya itu, bahaya bagi kesehatan jantung pun patut diperhitungkan.

Sedangkan produk berupa pil pelangsing seringkali memicu buang air besar, sehingga lagi-lagi penurunan berat badan yang terjadi adalah semu. Artinya, pil pelangsing hanya bisa menguras isi perut dan bukan melangsingkan!

Gangguan kesehatan mental

Diet yang salah menyebabkan gangguan depresi pada kebanyakan pelakunya. Hal ini disebabkan karena karena rasa frustasi dan putus asa yang berlebihan akibat usaha kerasnya yang tak kunjung membuahkan hasil.

Depresi juga disertai dengan kelesuan, kelelahan, perubahan suasana hati, mudah tersinggung, kurangnya konsentrasi dan kurang percaya diri.

Jantung melemah

Kesalahan dalam metode diet tersebut dapat mengganggu metabolisme tubuh, meningkatkan kadar kolesterol berbahaya dalam darah, kemudian meningkatkan risiko penyakit arteri dan gangguan jantung.

Hal ini terjadi karena sistem kekebalan tubuh melemah, menyebabkan jantung berdebar dan stres jantung.

Nah itulah beberapa akibat yang ditimbulkan akibat melakukan salah diet.