7 Cara Menyehatkan Pencernaan

Diposting oleh Unknown on Sabtu, 22 Desember 2012


Memiliki pencernaan yang sehat pastinya akan lebih meningkatkan penyerapan nutrisi makanan yang kita makan sehinga kebutuhan nutrisi tubuh dapat dicerna dan diserap dengan baik. Nah berikut ini ada beberapa cara untuk menyehatkan pencernaan kamu ingin tahu cara seperti apa itu simak 10 Cara Menyehatkan Pencernaan berikut ini.

1. Tingkatkan jumlah makanan mentah dalam diet Anda. Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi, buah, sayuran, dan kecambah mentah mengandung enzim yang dibutuhkan untuk mencerna makanan mentah tersebut, sehingga membebaskan energi tubuh Anda dan meningkatkan kesehatan pencernaan.

2. Sederhanakan makanan Anda. Makanan kompleks merupakan makanan yang melibatkan protein seperti dalam daging, unggas, atau ikan. Cobalah untuk menunggu beberapa saat untuk mengonsumsi makanan penutup yang cenderung manis. Hal tersebut dimaksudkan untuk menjaga kandungan baik dalam protein sehingga tidak dirusak oleh asupan gula atau gluten.

3. Pastikan Anda mendapatkan cukup nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi asam klorida. Itu termasuk beberapa vitamin B kompleks.

4. Hindari menggunakan suplemen yang mengandung hidroklorida betaine jika Anda rentan terhadap bisul. Banyak suplemen enzim juga mengandung bahan ini.

5. Cukupi enzim pencernaan spektrum penuh untuk membantu mencerna makanan. Antara lain: lipase (untuk lemak), protease (untuk protein), laktase (gula susu), amilase (untuk pati), invertase (untuk gula), serta selulase dan hemicellulase (untuk serat).

6. Hindari makan ketika Anda merasa sangat stres atau terlalu emosional. Pasalnya hormon stres dapat mengganggu pencernaan yang memadai.

7. Rempah-rempah seperti jahe (Zingiber officinale), lada hitam (Piper nigrum), dan cabe rawit (Capsicum annum) dapat ditambahkan ke makanan untuk membantu kerja sistem pencernaan.

8. Konsumsi suplemen probiotik spektrum saat perut kosong. Bakteri menguntungkan ini dibutuhkan dalam usus untuk memproduksi nutrisi penting seperti vitamin B12, sehingga menjaga masuknya infeksi bakteri dan jamur yang berbahaya.

9. Kunyah makanan secara perlahan. Cara ini berfungsi untuk memproduksi lebih banyak saliva atau cairan ludah. Saat mengunyah, nutrisi dan vitamin yang terdapat di dalam makanan akan keluar dan bercampur dengan cairan ludah. Hal ini membantu tubuh anda untuk mendapatkan energi tambahan.

10. Cara mengunyah yang benar juga memperbaiki sistem pencernaan. Hal ini disebabkan karena cairan ludah akan membantu menghancurkan partikel makanan sehingga mempermudah saluran pencernakan untuk nyerap nutrisi makanan.

Nah itulah beberapa cara untuk menyehatkan pencernaan kamu yang harus kamu ketahui.